Senin, 06 April 2015

Gejolak April Mop*



April mop pastilah tidak asing lagi bagi pembaca sekalian. Dan pastilah lagi, pembaca yang budiman ini telah banyak membaca banyak artikel yang membahas tentang moment ‘lelucon berjama’ah’ ini. Mulai dari yang pro sampai yang kontra semua ada di ‘om gugel’ ataupun di ‘om-om’ lainnya. Haha, emang penulis baru aja menyurvey banyak artikel tentang itu.
Ternyata ada kontroversi dalam menyikapi april fool’s mop ini. Kalau diantara yang pro, paling-paling Cuma tentang perbedaan cerita sejarahnya yang membuat mereka ngerayain, yang nggak begitu jadi permasalahan diantara mereka. Tapi, yang di pihak kontra nih, seru. Bagi mereka yang terus apdet informasi yang kayak gini-gini pasti ngerti.
Di salah satu artikel yang penulis baca, yang nulis artikel itu bilang Mungkin diantara jutaan pengguna Internet percaya jika ada sebuah artikel yang bercerita di blog, forum, situs web, sampai jejaring sosial dan broadcast BBM, tentang Sejarah April Mop (April Fool).
Seperti contoh atikel media online berikut ini:
April Mop merupakan perayaan pembataian umat Islam, tak pantas dirayakan!
Umat Islam sangat tidak pantas merayakan “April Mop” atau “The April Fool Day” karena kebiasaan itu dilatarbelakangi peringatan peristiwa pembantaian umat Islam di Spanyol pada 1 April 1487 Masehi.
“Umat Islam banyak yang “latah” dan merayakan April Mop tanpa mengetahui dasar dan asal muasal peristiwa tersebut, ” kata Cendikiawan Muslim Ir.H.Asmara Dharma dalam tulisannya yang dirilis, di Medan, kemarin.
Ia menjelaskan, perayaan April Mop itu diawali peristiwa penyerangan besar-besaran oleh tentara Salib terhadap negara Spanyol yang ketika itu di bawah kekuasaan kekhalifahan Islam pada Maret 1487 Masehi.
Kota-kota Islam di Spanyol seperti Zaragoza dan Leon di wilayah Utara, Vigo dan Forto di wilayah Timur, Valencia di wilayah Barat, Lisabon dan Cordoba di Selatan serta Madrid di pusat kota dan Granada sebagai kota pelabuhan berhasil dikuasai tentara Salib.
Umat Islam yang tersisa dari peperangan itu dijanjikan kebebasan jika meninggalkan Spanyol dengan kapal yang disiapkan di pelabuhan Granada. Tentara Salib itu berjanji keselamatan dan memperbolehkan umat Islam menaiki kapal jika mereka meninggalkan Spanyol dan persenjataan mereka.
Namun, ketika ribuan umat Islam sudah berkumpul di pelabuhan, kapal yang tadinya sandar di pelabuhan langsung dibakar dan kaum muslim dibantai dengan kejam sehingga air laut menjadi merah karena darah.
Peristiwa pembantaian dan pengingkaran janji tersebut terjadi pada 1 April 1487 Masehi dan dikenang sebagai “The April Fool Day.”
Selanjutnya, Dharma menjelaskan, peristiwa “The April Fool Day” itu dipopulerkan menjadi April Mop dengan “ritual” boleh mengerjai, menipu dan menjahili orang lain pada tanggal tersebut tetapi bernuansa gembira.
“Ritual tersebut disyaratkan dengan tidak bolehnya orang yang ditipu dan dijahili itu marah dan membalas, ” katanya.
Ulasan :
Klaim tersebut tidaklah salah dan tidak sepenuhnya benar. Kenapa? Karena klaim tersebut berisi cerita yang kenyataannya sangatlah konyol. Sebenarnya, cerita tersebut adalah hoax.”
Dia sendiri membenarkan “Dr. Yusuf Estes, berkata bahwa cerita ‘Pembantaian Umat Islam Di Spanyol Itu Pembodohan Umat Islam’
Dr Yusuf Estes, seorang cendikiawan Muslim mualaf yang banyak meneliti berbagai pernik persoalan kaum Muslimin di Amerika menyatakan beberapa hal mengenai sejarah April Mop versi Islam ini. Menurutnya kisah sejarah April Mop versi Islam ini juga merupakan bagian dari April Mop dalam rangka membodohi umat Islam. Hal ini bisa dilihat dari beberapa sebab sebagai berikut.
1. Fakta sejarah Muslim Spanyol yang berakhir pada tanggal 12 Januari 1492 Masehi. Namun tradisi April Mop tidak terdengar sampai lebih dari lima puluh tahun kemudian.
2. Bahwa rokok bahkan tidak ditemukan sampai jatuhnya Muslim Spanyol (Januari 1492). Menurut Universitas Framingham, Jurusan Biologi Manusia oleh Dr Roger Morrissette, Ph.D., rokok dalam bentuk apapun tidak ada di Spanyol sampai dibawa dari Dunia Baru, setelah Raja Ferdinand dan Ratu Isabella datang untuk memerintah Spanyol.
Menurutnya, sejarah rokok dimulai pada tahun 1492 saat Columbus mencatat penduduk asli Dunia Baru (Amerika) menghisap daun tembakau. Pada tahun 1550, Spanyol baru mulai menanam tembakau di Hindia Barat untuk ekspor ke Eropa. Dan pada tahun 1880, penggunaan tembakau tersebar luas tetapi orang hanya menggunakan jumlah kecil.
3. Kejatuhan Spanyol sebenarnya dikarenakan oleh sikap kaum Muslimin yang mengambil filsafat Yunani dan meninggalkan wahyu Allah. Selain itu mereka saling terpecah dan bertempur dengan sesama kaum Muslimin sendiri. Saat itulah orang-orang Kristen datang dan menyerang kaum Muslimin hingga kejatuhan mereka pada tahun 1492.”
Bahkan dia-penulis aritkel itu-dengan sangat berani mengajak para pembacanya untuk bersama-sama membuktikan. Sebenarnya gampang saja. Untuk menyikapi hal seperti ini, langsung saja kita renungkan apa manfaatnya, nggak perlulah cari sejarahnya dulu, apa yang kita dapat dengan melakukan itu yang harus kita pikirkan. Jika jelas-jelas itu adalah aktivitas tidak bermanfaat bahkan membuang-buang waktu,buat apa diikutin. Apalagi april mop dikatakan sebagai “hari berbohong sedunia”. Padahal dalam islam tidak ada ajaran seperti ini. Membully atau ngerjain teman yang lain dengan lelucon-lecucon yang buang-buang waktu sama sekali bukan yang dicontohkan nabi kita Muhammad saw.
Masih mau ngerayain april mop kalau gini? Tauladanmu Rasulullah saw kan?
Pembaca remaja yang penulis sayangi karena allah,kita adalah para perubah, agent of change. Kita adalah generasi yang ditunggu-tunggu umat untuk mengembalikan kesejahteraan islam. “innallaha laa yughoyyiru bi qoumin hatta yughoyyiru maa bianfusuhim” ayo kita harus bangkit!! Salam perubahan!!
 *: hehe,, udah telat ya? sekarang 'kan udah tanggal 6, malem lagi. Nggak apa2 'kan? itung-itung buat nambah pengetahuan... betul? :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar